Pages

Khasiat buah Delima


Buah Delima termasuk buah yang termaktub dalam AlQuran. Keajaiban khasiatnya secara medis juga telah terkuak. Pada tahun 2008, Harapan T (23), mahasiwa Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh telah menemukan zat dalam buah delima yang dapat membunuh virus dan mencegah keganasan virus HIV/AIDS. Dan juga penelitian medis Dunia telah menemukan khasiat-khasiat khusus yang ditemukan dalam buah delima.

Firman Allah SWT:

Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau, Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah, dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.(QS.Al An’aam:99)

Tanaman Berkhasiat

Berbagai jurnal kesihatan menyebutkan, sari buah delima mampu menjaga kesihatan jantung dan dapat mencegah/mengubati penyakit kanser (lihat pula Jus yang Menyihatkan).

Selain biji, bahagian yang dapat dimanfaatkan untuk pengubatan tradisional antara kulit batang dan kulit akar, serta daun. Kulit akar dan kulit batangnya mengandung alkaloid peliterin, sebuah senyawa aktif untuk mengubati penyakit cacing dan cirit-birit.

Tumbukan buah dan seduhannya juga berguna untuk menghentikan cirit-birit. Sementara air rebusan bunganya boleh dijadikan ubat alternatif untuk meredakan sakit gigi.

Kulit akar, kulit batang, serta kulit buahnya juga mengandung zat penyamak (tanin), yang berkhasiat untuk mengecilkan pori-pori, antiseptik dan hemostatik (obat keputihan). Kadar tanin tertinggi terdapat pada kulit akar (28 %), sedangkan kulit buah yang kering mengandung 26peratus tanin.

No comments: